Rabu, 23 Maret 2016


A.           Manfaat Limbah Batok Kelapa
Tempurung merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil, dan berbagai mineral. Kandungan bahan-bahan tersebut beragam sesuai dengan jenis kelapanya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang cukup tinggi kadarnya pada tempurung. Berat tempurung sekitar 15-19 % dari berat keseluruhan buah kelapa.
Tempurung kelapa dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang. Manfaat tempurung kelapa antara lain :
1.    Tempurung kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar biasa.
2.    Sebagai sumber energi yang paling sederhana adalah digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak. Mungkin di masa modern ini kita sudah sulit menemukan orang yang memasak menggunakan kayu bakar apa lagi tempurung kelapa. Namun tanpa kita sadari, penggunaan tempurung kelapa ini sangatlah menguntungkan. Kita lihat dari segi ekonomisnya tentu lebih murah dibandingkan dengan kita menggunakan gas LPG. Selain itu, gas LPG saat ini sudah sangat sulit untuk kita dapatkan dan juga tidak dapat kita perbaharui. Menggunakan tempurung kelapa juga mempengaruhi rasa masakan yang kita masak, kita sadari ataupun tidak rasa masakan yang dimasak menggunakan kayu bakar atau tempurung kelapa mempunyai ciri khas tersendiri, memiliki rasa khas sesuai dengan lidah kita.
3.    Tempurung kelapa yang sudah tidak terpakai ini merupakan bahan baku dari kerajinan tempurung kelapa, produk yang dihasilkan antara lain: Alat-alat dapur,  seperti: sendok sayur, centong nasi, gayung air, pernak pernik, seperti pin, hiasan baju, kancing baju, tas, handycraft, dan masih banyak lagi.
4.    Briket Tempurung kelapa
Briket Tempurung Kelapa adalah bahan bakar alternatif terbuat dari bahan baku tempurung kelapa yang sudah diolah menjadi briket dan diharapkan menjadi bahan bakar pengganti sebagai pilihan yang dibutuhkan masyarakat . Kelebihan Briket tempurung kelapa:
a.              Hemat dan ekonomis
Lab. Sucofindo menunjukkan bahwa briket tempurung kelapa yang berkualitas B produksi PT. Marga Okapallo memiliki kalori 6481/kg dan mudah terbakar, menghasilkan energi panas tinggi dan tahan lama sehingga secara ekonomis menggunakan briket tempurung kelapa akan lebih hemat apabila dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya.



b.             Aman dan Ramah Lingkungan.
Briket tempurung kelapa diolah tanpa menggunakan bahan kimia, pada saat digunakan abunya tidak berterbangan dan tidak berasap.  tidak meninggalkan noda hitam pada peralatan yang digunakan (alat-alat dapur dan lain-lainnya) tidak mengeluarkan bau menyengat atau aroma tidak sedap yang dapat mengganggu aktifitas kerja kesehatan maupun  lingkungan.
Description: briket-arang1.jpg
Gambar 3.11 briket tempurung kelapa
5.    Sebagai Obat Anti Bisa
Manfaat arang batok kelapa yang sudah melewati proses pemanasan dengan gas sangat efektif digunakan sebagai penawar bisa. Bisa hewan seperti ular, laba-laba atau lebah bisa ditangani dengan menggunakan arang batok kelapa baik yang sudah berbentuk karbon aktif, namun dapat juga dengan menggunakan arang yang masih berbentuk arang biasa. Tetapi memang akan jauh lebih baik dan efektif jika menggunakan karbon aktif karena strukturnya berpori yang mudah untuk menyerap. Hanya dengan mengkonsumsi nya tetapi ada efek sampingnya seperti mual, dan muntah-muntah.
6.    Menurunkan Kolestrol
Tidak semua kolesterol harus dihilangkan dari tubuh kita. Apalagi jika kolesterol tersebut merupakan kolesterol baik. Kolesterol jahat dan kolesterol baik sangat diperlukan oleh tubuh kita. Tetapi harus dalam kadar yang normal dan tidak melebihi ambang batas normal tersebut. Untuk mengatasi kolesterol yang tinggi tersebut, karbon aktif bisa menjadi solusi yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi tersebut.
7.    Menyembuhkan Luka
Selain mengobati peradangan, luka yang sudah bernanah sekalipun bisa di atasi dengan menggunakan karbon aktif. Caranya cukup sederhana yakni dengan menempelkan karbon aktif tersebut pada luka. Untuk penggunaan luar anda bisa melakukan langkah seperti yang sudah disebutkan tadi secara teratur hingga luka tersebut sembuh.
8.    Mempercantik Kulit
Arang batok kelapa yang digunakan merupakan arang olahan yang sudah melewati proses tertentu hingga menghasilkan arang murni atau karbon aktif. Arang batok kelapa yang biasa kita gunakan untuk pembakaran dikhawatirkan masih mengandung banyak zat kimia berbahaya. Sedangkan karbon aktif bisa digunakan untuk mempercantik kulit yakni digunakan sebagai masker atau scrub. Karbon aktif akan secara efektif mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan kulit serta mengangkat kulit-kulit mati dan menjadikan kulit lebih cerah, putih dan cantik.

B.            Contoh  Kerajinan dari Limbah Batok Kelapa
1.    Tas batok kelapa
Berikut proses pembuatan batok kelapa menjadi tas, yaitu:
a.    Siapkan alat dan bahan yakni, gergaji besi, amplas kasar-halus, pensil, bor untuk melubangi, vernis, kuas, tali, dan batok kelapa.
b.    Belah batok kelapa menjadi dua bagian.
c.    Gerus permukaan kasar batok dengan menggunakan parang.
d.   Setelah digerus dan dipastikan gak ada sisa-sisa sabut kelapa, silahkan diamplas menggunakan amplas kasar.
e.    Untuk membuat sisi kanan dan kiri tas, gambar bentuk tas yang diinginkan kemudian potong dengan menggunakan gergaji besi.
f.     Setelah terbentuk bagian yang diinginkan, gunakan amplas halus untuk membuat permukaan semakin licin dan mengkilap.
g.    Selanjutnya saatnya mengkilapkannya menggunakan vernis. Ada beberapa warna vernis yang bisa dipilih. Yang saya gunakan adalah vernis dengan warna coklat kehitaman untuk membuatnya terlihat lebih elegan.
h.    Untuk menyatukan satu bagian ke bagian yang lain dapat dilakukan dengan melubangi pinggiran batok dengan menggunakan bor. Proses pelubangan ini untuk lubang jahit restleting.
i.      Setelah resleting dijahit, rekatkan kain di bagian dalam batok kelapa. Pastikan satu kain tersebut menghubungkan satu bagian batok dengan bagian lainnya.
j.      pasanglah tali panjang untuk membuatnya sebagai tas untuk hasil sakhir.
Description: tas batok kelapa.jpg
Gambar 3.12 Tas Batok Kelapa

2.    Tutup gelas
a.       Material yang kita butuhkan antara lain, adalah :
1)      Batok kelapa
2)      Amplas
3)      Tali dan pelepah pisang
4)      Lem
5)      Sumpit bambu, potong 1cm
6)      Gergaji triplek
b.      Proses pembuatannya:
1)      Amplas permukaan batok kelapa hingga halus
Potong  melingkar batok kelapa dengan diameter 8 cm atau bisa disesuaikan lebar mulut gelas dengan menggunakan gergaji triplek.
2)      Kemudian amplas lagi bagian tepi lingkaran yang kita gergaji tadi agar tidak melukai tangan.
3)      Ambil tali yang sudah kita siapkan tadi untuk kita tempel pada lingkar luar dari batok kelapa. Sehingga akan semakin mempercantik tampilan dari hasil akhir proyek kita kali ini
4)      Tempelkan sumpit yang telah kita potong, dan tempelkan tepat di tengah atas dari batok kelapa.dengan menggunakan lem. beri juga hiasan dari tali,tata sedemikian rupa sehingga jadi semakin cantik hasilnya.
C.           Cara Pembuatan Arang Batok Menggunakan Drum
1.    Siapkan drum bekas yang telah dilubangi bagian bawahnya sebanyak 8 buah lubang.
2.    Susunlah batok kelapa (tempurung kelapa) ke dalam drum tadi kira-kira ¼ bagian.
3.    Kemudian arang dibakar sampai menyala.
4.    Setelah batok kelapa (tempurung kelapa) menyala semua, masukkan kembali batok kelapa (tempurung kelapa)  ¼ bagian lagi dan seterusnya hingga penuh.
5.    Setelah terbakar semua, kemudian tutup dengan plat besi yang dilapisi dengan tanah liat.
6.    Pengawasan Mutu Arang Batok, langkahnya sebagai berikut :
a.         Dalam 5 kg batok menjadi 1 kg arang batok
b.        1 Kg batok kelapa berasal dari 4 – 5 butir kelapa atau 5 – 6 butir tergantung ukuran.
c.         Tempurung yang hendak dibakar harus dipilih dari batok kelapa (tempurung kelapa) yang berwarna coklat, bukan yang berwarna putih.
d.        Hendaknya drum yang digunakan jangan yang telah rusak atau berlubang besar, hal ini akan menyebabkan asap keluar, karena bila keluar maka api tidak akan mati, sehingga arang menjadi kecil-kecil.
e.         Waktu mematikan jangan disiram air terlalu banyak, tidak boleh diperciki air agar mutu yang dihasilkan menjadi baik.
f.         Plesteran pada plat besi yang digunakan harus diawasi sebab bila tak diawasi tanah liat sebagai plester menjadi pecah dan kering, akibatnya asap keluar dan api tak akan padam sehingga arang menjadi abu.
g.        Waktu mengeluarkan arang batok (arang tempurung) dari drum hendaknya menggunakan alas karung atau jenis lainnya agar waktu mengayak/menampi tidak banyak terdapat kotoran

Description: mebuat arang menggunakan drum.jpg
Gambar 3.13 Pembuatan Arang Batok
D.           Cara Pembuatan Briket Tempurung Kelapa
1.      Alat dan bahan :
a.       Tempurung kelapa
b.      Tepung kanji
c.       Air
d.      Pipa paralon (bila diperlukan)

2.      Cara membuat :
a.    Tempurung kelapa dibakar sampai hangus, lalu ditumbuk jadi halus dan di ayak dengan ukuran lolos 5o mesh dan 7o mesh
b.    Buat adnonan dari tepung kanji ( air dengan tepung kanji )
c.    Campur bubuk tempurung kelapa dengan adonan kanji.
d.   Bentuk bola-bola kecil atau masukan pipa paralon (dicetak agar bentuknya bagus)
e.    Jemur diterik matahari kurang lebih 1hari (sampai benar-benar kering)
3.      Proses pembuatan briket :
a.    Pengarangan
Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).
b.    Pengayakan
Pengayakan maksud untuk menghasilkan arang serbuk gergajian dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh.
c.    Pencampuran media
Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 90% dan arang tempurung kelapa 10 %. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.
d.   Pencetakan briket arang
Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan briket dan dikempa.

Sumber : http://sitimasriah.weebly.com/cara-membuat-briket.html

1 komentar:

  1. Best Casinos and games on the internet!
    The online gambling market has luckyclub.live exploded in recent years and over time more than doubled. Since then players have been able to play games on almost every casino

    BalasHapus